Emiliano Sala Ditemukan, Dua Klub Eropa Ini Kini Berselisih

Emiliano Sala di Cardiff

Setelah penemuan bangkai pesawat dan Emiliano Sala, dua klub bola ini semakin bersitegang sehubungan dengan masalah transfer sang pemain. Klub tersebut adalah Nantes serta Cardiff City. kedua klub ini merupakan klub asal dan klub baru sang pemain.

Perselisihan kedua klub ini sehubungan dengan dana transfer Emiliano Sala yang dibeli dari Nantes menuju Cardiff City. Diberitakan jika pihak Nantes sudah mengirimkan surat tagihan pada Cardiff di bulan pertama untuk pembayaran mantan pemain mereka tersebut.

Namun, manajemen Cardiff sendiri memiliki komitmen untuk tidak memberikan uang senilai 5 juta pound dan dua pembayaran dengan nilai yang sama. Hai tersebut mereka ambil karena Cardiff merasa dirugikan dalam kesepakatan yang mereka jalin demi mendapatkan Sala.

Salah satu poin yang menjadi masalah untuk klub Inggris ini adalah terkait registrasi sang pemain yang masih belum dapat diterima dan tidak jelas untuk Cardiff. Sementara itu, dalam data di Wales Online, dokumen internasional pemain ini sejatinya suda masuk di Football Association of Wales. Walau begitu, masih ada kerancuan pendaftaran Sala pada Premiere League saat dia iba-tiba hilang pada penerbangannya ke Inggris.

Emiliano Sala seharusnya sudah berada di klub anyarnya. Namun seperti yang diketahui, tanggal 22 Januari 2019 lalu pesawat yang dia naiki hilang kontak di wilayah Selat Inggris. Kehilangan pemain barunya dengan beberapa masalah pada kontrak membuat Cardiff harus menempuh jalur hukum.

Selain itu, masalah uang transfer juga akan memberi pengaruh pada besaran asuransi yang akan diterima kedua klub. Kedua klub tersebut mempunyai angsuran 16 juta pounds sebagai nilai asuransi Sala. Tapi, jumlah tersebut hanya merupakan setengah dari biaya total yang sudah dikeluarkan masing-masing pihak klub pada sang pemain.

Emiliano Sala Ditemukan

Disisi lain, klub awal Sala, yakni Bordeaux juga mendapatkan 50 persen uang penjualannya karena klausul kontrak Nantes pada Bordeaux di tahun 2015 silam. Cardiff City sendiri sudah merilis berita terkait perpindahan sang pemain dua hari sebelum kecelakaan naas tersebut, tapi disertakan keterangan jika belum ada kelengkapan dari dokumen sang pemain pada mereka.

Alasan lain yang juga membuat Cardiff belum bersedia melakukan pembayaran karena menanti hasil penyelidikan. Pihak klub bahkan sudah mengirim seorang detektif swasta demi mendapat informasi terkait kecelakaan yang dialami Sala dan pilot pesawat.

Sementara itu, pihak FIFA sudah melakukan penyelidikan pada kasus ini dan sepertinya akan bekerja sama dengan pihak Court of Arbitration for Sport (CAS), institusi independen di Swiss yang bekerja untuk menyelesaikan masalah legal yang terjadi dalam dunia olahraga.

Diantara beberapa masalah transfer yang dihadapi Nantes serta Cardiff City, beberapa waktu lalu diberitakan secara resmi jika jasad Emiliano Sala sudah ditemukan dan akan diangkat. Ia ditemukan di bagian tengah pesawat yang dia naiki.

Leave a Reply